Agung Nugroho Catur Saputro

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
OPEN CLASS : WUJUD KOLABORASI SEKOLAH DAN WALI SISWA

OPEN CLASS : WUJUD KOLABORASI SEKOLAH DAN WALI SISWA

Hari ini saya menghadiri undangan dari sekolah tempat anak lanang menimba ilmu. Saya datang dalam rangka acara "Open Class" yang merupakan salah satu acara dari rangkaian acara dalam rangka peringatan milad ke 10 SMP Muhammadiyah Al kautsar Program Khusus.

Open Class merupakan acara sekolah yang didesain untuk mengajak dan memfasilitasi para orang tua atau wali siswa untuk melihat langsung proses pembelajaran di sekolah. Melalui kegiatan ini, orang tua siswa tidak hanya dapat melihat langsung bagaimana guru mengajar siswa di kelas, tetapi bahkan para orang tua/wali siswa dapat terlibat langsung dan mengalami sendiri bagaimana ia diajar oleh guru model yang mengajar.

Dalam kegiatan open class ini, para orang tua/wali siswa tidak hanya pasif melihat cara guru mengajar, tetapi bahkan lebih dari itu para orang tua harus berkolaborasi dengan anaknya sendiri untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru saat pembelajaran. Melalui kegiatan ini kekompakan orang tua dan anak yang terlihat. Sejauh mana hubungan dan keakraban orang tua dan anak akan terlihat saat mereka belajar bersama.

Saya pribadi menggunakan kesempatan open class ini untuk mengajarkan anak tentang bagaimana sebaiknya bersikap ketika mengikuti proses pembelajaran. Saya memberikan contoh nyata bagaimana papinya ketika mengikuti pelajaran. Saya ingin anak lanang melihat langsung bagaimana papinya belajar.

Selama mengikuti acara open class dan berperan sebagai siswa, terkadang saya aktif memberikan pendapat/tanggapan terhadap paparan presentasi siswa lain. Terkadang saya juga mendorong anak lanang untuk berani mengungkapkan pendapatnya sendiri. Ketika sesi presentasi hasil diskusi, saya menyengaja untuk meminta anak lanang yg presentasi sendiri sedangkan saya hanya mendampingi di sampingnya saja. Hal ini saya tempuh untuk melatih anak lanang agar belajar berani tampil di depan dan menyampaikan pendapat/gagasannya.

Kegiatan open class yg digagas oleh sekolah tersebut menurut saya adalah kegiatan yang sangat bagus. Melalui kegiatan open class ini, sekolah dapat menjalin kolaborasi dan membangun kepercayaan para orang tua/wali siswa bahwa anak-anak mereka mendapatkan proses pembelajaran yang berkualitas. Para orang tua/wali siswa dapat melihat, merasakan dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Gumpang Baru, 07/11/2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Luar biasa, perlu dicontoh oleh sekolah lain.

08 Nov
Balas
search